Cara Akses Situs yang Diblokir Tanpa VPN

Internet Positif

Dinegara indonesia ini kita tahu ada yang namanya kominfo yang tugasnya selama ini melakukan pemblokir terhadap situs-situs yang mereka anggap negatif. Berdasarkan data sendiri sudah lebih dari 800 ribu situs yang masuk daftar blokiran dari kominfo sehingga secara default tidak bisa diakses di negara kita tercinta ini.

Hingga detik ini bahkan sayapun masih kurang tahu apa fungsi kongkrit dari Internet Positif selain untuk menghabiskan anggaran. Lebih dari 800 ribu situs berapa banyak waktu, tenaga dan uang yang dikeluarkan.

Tapi kita tetap bisa dengan cepat dan mudah mengakses semua situs yang diblokir tadi dengan satu settingan saja.

Pada kali ini saya akan membagikan bagaimana cara untuk membuka situs website yang sudah kena internet positif dari kominfo alias diblokir, anda tetap bisa akses dan ini tanpa aplikasi VPN.

Tonton film gratis di Semikeren.

Jadi kelebihannya akses internet anda akan tetap cepat, cocok untuk anda yang ingin streaming misal stream film atau streaming live pertandingan sepakbola yang tentunya ilegal yang situsnya sudah pasti diblokir oleh kominfo.

Kalau pakai VPN kan speed internet kita akan downgrade sedikit apalagi kalau VPN gratisan plus koneksi internet juga yang pas-pasan tidak terlalu kencang, bisa stres buffering yang ada. Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Cara Akses Situs Diblokir dengan DNS

Selain dengan menginstall dan menggunakan VPN anda bisa juga dengan mudah mengakses situs website yang diblokir internet positif dengan merubah settingan DNS pada internet anda, dengan cara ini anda cukup satu kali setting maka perangkat anda bisa akses situs terblokir itu selamanya.

Settingan DNS ini juga bisa anda berikan pada router wifi anda sehingga seluruh jaringan internet wifi anda bisa mengakses web-web yang diblokir kominfo. Walaupun begitu saya kurang rekomendasikan takutnya ada bocil di rumah bisa disalahgunakan, jadi cukup setting pada perangkat yang kita gunakan dan perlukan saja.

Cara Setting DNS Anti Blokir di Smartphone

Untuk mengubah DNS pada smartphone anda kurang lebih caranya sama, hanya berbeda di letak menunya saja mengingat begitu banyak device smartphone.

Kali ini saya contoh pada pada smartphone google pixel 5 (android 14).

  1. Masuk ke menu Setting / Setelan
  2. Lalu ke menu Jaringan dan Internet
  3. Scroll dibawah sedikit akan ada menu “DNS Pribadi” silakan di pencet.
  4. Maka akan muncul pilihan “Nonaktif”  / “Otomatis”  / “Hostname penyedia DNS pribadi”

    Isikan Hostname DNS dengan Pilihan Dibawah Ini

  5. Pilih yang Hostname penyedia DNS pribadi, anda bisa isikan dengan hostname DNS berikut ini.
    • Google DNS: dns.google
    • Adguard : dns.adguard.com (ada fitur adblock / anti iklan)
    • Cloudflare :1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com
  6. Terakhir jangan lupa simpan.

Masih banyak lagi sebenarnya cuma 3 itu yang populer dan sering digunakan karena aksesnya cepat dan aman.

Cara Setting DNS Anti Blokir di PC Desktop

Disini akan saya berikan cara setting DNS pribadi untuk komputer dengan sistem operasi Windows, perangkat yang saya gunakan Windows 11 untuk versi dibawahnya kurang lebih sama saja.

Tekan tombol Windows, lalu search Control Panel dan silakan dibuka.

Di Control Panel masuk ke menu Network and Internet lalu ke Network and Sharing Center.

Pada view aktif network bisa di klik saja bagian Connection, misal disini saya menggunakan Wi-fi 2 (Rchmn).

Lalu pada Wifi Status, silakan klik Properties.

Selanjutnya klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu pilih opsi Properties.

Didalamnya IPv4 kita pilih Use the following DNS server addresses untuk mengatur DNS sesuai dengan yang kita inginkan.

Silakan isikan Preferred DNS dan Alternate DNS Server, diatas saya menggunakan DNS dari Google ada banyak pilihan DNS lainnya yang bisa anda coba gunakan untuk mengakses situs yang diblokir kominfo, seperti dari:

DNS Google :

  • Primary DNS: 8.8.8.8
  • Secondary DNS: 8.8.4.

DNS Cloudflare :

  • Primary DNS: 1.1.1.1
  • Secondary DNS: 1.0.0.1

OpenDNS

  • Primary DNS: 208.67.222.222
  • Secondary DNS: 208.67.220.220

Terakhir jangan lupa di OK untuk menyimpan perubahan.

Penjelasan Kenapa dengan Mengganti DNS Bisa Mengakses Situs Diblokir

Saat Anda mengetikkan alamat situs web di browser, misalnya www.contoh.com, komputer Anda harus tahu di mana situs tersebut berada di internet. Untuk itu, komputer Anda bertanya kepada server DNS (Domain Name System) untuk mengetahui alamat IP (seperti alamat rumah di internet) dari situs tersebut.

Tonton juga film: Agak Laen (2024) Semikeren

Sekarang, bayangkan jika penyedia layanan internet (ISP) Anda diinstruksikan oleh pemerintah untuk memblokir akses ke situs tertentu. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan memblokir alamat situs tersebut di server DNS mereka. Jadi, ketika komputer Anda bertanya kepada server DNS ISP untuk alamat IP situs yang diblokir, server DNS tersebut akan mengatakan bahwa situs itu tidak ada, sehingga Anda tidak bisa mengaksesnya.

Namun, jika Anda mengganti pengaturan DNS di komputer Anda ke penyedia DNS yang berbeda (seperti Google Public DNS atau Cloudflare DNS), permintaan DNS Anda akan diarahkan ke server DNS yang disediakan oleh penyedia baru tersebut. Jika penyedia DNS baru tidak memblokir situs web yang diblokir oleh ISP Anda sebelumnya, server DNS baru tersebut akan memberikan alamat IP situs yang diminta, memungkinkan Anda untuk mengaksesnya tanpa masalah. Jadi, ini adalah cara sederhana di mana mengganti DNS dapat membantu Anda mengakses situs yang mungkin diblokir oleh ISP Anda.

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Anda sekarang bisa akses berbagai situs yang sebelumnya diblokir internet positif dari pemerintah dengan nyaman. Ini 100% gratis bisa anda gunakan sampai kapanpun hanya perlu 1 kali setting diawal dan tanpa mengurangi speed dan latensi internet anda dibandingkan dengan harus menggunakan VPN. Anda jadi bisa nonton film gratis dan lancar di semikeren.

Tulis Komentar Anda!Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version